• SMKIT MA'ARIF NU KARANGLEWAS
  • SEKOLAH UNGGUL DALAM PRESTASI, RELIGIUS DAN BERKARAKTER

Metode Pembayaran Online

SMK IT MA'ARIF NU KARANGLEWAS,- Dalam menjalankan bisnis online tentunya tidak lepas dari proses bayar membayar. Metode pembayaran secara online dapat menggunakan kartu kredit, paypal, kartu kredit online (payoneer), transfer bank, cek, dan wastern union.
1. Kartu Kredit (Credit Card)
Apa yang tidak bisa dibayar dengan kartu kredit? Dari mulai toko online super yang menyediakan banyak jenis barang dagangan sampai toko online yang hanya mengkhususkan jenis barang dagangannya pun pasti menerima pembayaran via kartu kredit. Anda mungkin mengenal Google store, Apple store, Ebay, dan Amazon yang semuanya menyediakan pilihan metode pembayaran melalui kartu kredit. Untuk toko online dalam negeri memang masih jarang ditemui adanya toko yang memberikan opsi pembayaran via credit card.

2. Paypal

SMK IT Ma'arif NU Karanglewas Paypall Ilustrasi


Selain kartu kredit, paypal adalah metode pembayaran online paling banyak digunakan saat ini. Di berbagai toko online mancanegara, Anda tidak akan susah untuk menemukan metode pembayaran yang satu ini. Paypal adalah metode pembayaran online paling populer, karena selain menawarkan kemudahan saat bertransaksi, faktor lain yang menyebabkannya sangat terkenal saat ini adalah faktor keamanan, gratis biaya pendaftaran dan biaya bulanan pula lah yang menyebabkan metode pembayaran ini sangat booming di kalangan para pebisnis online.
Saat ini paypal sudah mulai banyak digunakan oleh toko online lokal, baik toko terbatas maupun lengkap. Sayangnya, paypal belum mendukung penggunaan rupiah saat melakukan transaksi, sehingga toko online yang akan menggunakan paypal ini harus menjual barang dagangannya dengan mata uang asing seperti Euro atau Dollar Amerika.

3. Kartu Debit Online (Payoneer)

SMK IT payoneer card image sample


Tidak semua kartu debit dapat digunakan untuk transaksi online, terutama kartu debit lokal yang memang belum memperbolehkan penggunaan semacam ini. Namun, jika Anda
menggunakan kartu debit dari bank luar negeri, Anda mungkin dapat melakukan transaksi melalui kartu debit. Guna mendapatkan kartu debit luar, Anda dapat mendaftar di payoneer.
Kartu debit payoneer selain bisa digunakan untuk transaksi online di internet juga dapat Anda gunakan untuk berbelanja di swalayan maupun melakukan transaksi melalui mesin ATM.

4. Transfer Bank
Meskipun bisa dibilang kuno, tapi metode ini masih sangat banyak digunakan oleh pebisnis online. Metode pembayaran melalui transfer bank memang sangat merepotkan, karena harus dilakukan secara manual. Artinya pembeli mentransfer dana secara manual, mengonfirmasi secara manual dan kemudian penjual mengecek apakah dana yang di transfer tersebut sudah diterima atau belum. Sungguh membutuhkan proses yang sangat panjang. Namun demikian, metode yang satu ini paling umum dilakukan, karena orang yang tidak memiliki kartu kredit, paypal atau pun kartu debit online akan dapat melakukan transaksi pembayaran melalui transfer bank.

5. Cek dan Western Union
Meskipun kedua metode pembayaran ini berbeda, tetapi ada kemiripan pada keduanya yaitu sama-sama sering digunakan program affiliate atau periklanan seperti Google AdSense, Adbrite, ClickBank, dan lain-lain dalam membayar gaji anggotanya. Pembayaran melalui cek akan dikirimkan langsung ke alamat yang dituju dan dapat dicairkan di bank lokal. Salah satu kelemahan sistem cek adalah proses pengirimannya yang akan memakan waktu lumayan lama, apalagi jika cek tersebut dikirimkan dari luar negeri. Adapun western union adalah layanan pengiriman uang lintas negara atau dalam negeri secara real time yang aman dan dengan proses yang lebih cepat. Kedua sistem pembayaran ini terutama cek sangat jarang dijumpai di toko-toko online dalam maupun luar negeri.

 

***

Komentari Tulisan Ini