• SMKIT MA'ARIF NU KARANGLEWAS
  • SEKOLAH UNGGUL DALAM PRESTASI, RELIGIUS DAN BERKARAKTER

Materi 2: Fungsi & Format warna

SMK IT Ma'arif NU Karanglewas- (Materi lanjutan Dasar Desain Grafis) 

Materi 2: Fungsi & Format warna

Kompetensi Dasar :
Pengetahuan : Mendiskusikan fungsi, dan unsur warna CMYK dan RGB
Keterampilan : Menempatkan berbagai fungsi, dan unsur warna CMYK dan RGB

1.  PENGANTAR
Warna dapat didefinisikan secara obyektif/fisik sebagai sifat cahaya yang dipancarkan. Secara obyektif atau fisik, warna dapat terlihat karena panjang gelombangnya sesuai dengan spektrum cahaya yang dapat ditangkap mata kita.
Dilihat dari panjang gelombangnya, cahaya yang tampak oleh mata merupakan salah satu bentuk pancaran energi yang merupakan bagian yang sempit dari gelombang elektromagnetik. Cahaya yang dapat ditangkap indera manusia mempunyai panjang gelombang 380 sampai 780 nanometer. Perhatikan tabel berikut ini:

Tabel Warna. SMK IT Ma'arif NU Karanglewas

Proses terlihatnya warna adalah dikarenakan adanya cahaya yang menimpa suatu benda, dan benda tersebut memantulkan cahaya ke mata (retina) kita hingga terlihatlah warna. Secara umum warna merupakan bagian penting dari segala aspek kehidupan manusia. Warna juga masuk kedalam bagian dari elemen Seni. Dalam Seni warna memegang peran sebagai sarana untuk lebih mempertegas dan memperkuat kesan atau tujuan dari sebuah karya desain.

Warna memerankan dirinya sebagai ”warna”, yang mempunyai fungsi dalam membentuk sebuah keindahan. Selain itu dengan adanya warna kita dimudahkan dalam melihat dan mengenali suatu benda. Warna mempunyai fungsi ganda dimana bukan hanya aspek keindahan saja namun sebagai elemen yang membentuk perbedaan antara obyek satu dengan obyek lain.

Warna juga mampu menggambarkan sifat obyek secara nyata. Sebagai contoh warna hijau untuk menggambarkan daun, rumput; dan biru untuk laut, langit. Warna dalam hal ini lebih mengacu pada sifat-sifat alami dari obyek tertentu misalnya padat, cair, jauh, dekat dll.
Warna menempatkan dirinya sebagai bagian dari simbol. Warna merupakan lambang atau sebagai perlambang sebuah tradisi atau pola tertentu. Selain itu Warna juga dapat dijadikan sebagai media komunikasi, sebagai contoh dapat kita lihat dari obyek-obyek seperti bendera, logo perusahaan, fashion, dll. Warna obyek pengganti bahasa formal dalam mengkomunikasikan sesuatu misalnya: merah berarti berani dan putih berarti suci.

*** Sumber: Modul DASAR DESAIN GRAFIS – RPL – SMK Takhassus Al-Qur’an Wonosobo @ 2017

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
ELEMEN DESAIN GRAFIS

SMK IT Ma'arif NU Karanglewas - Pertemuan Kedua  Kompetensi Dasar : Pengetahuan : Mendiskusikan unsur-unsur tata letak berupa garis, ilustrasi, tipografi, warna,gelap-terang, tekst

03/08/2020 07:30 WIB - SOLIHUDIN
PENGENALAN DESAIN GRAFIS

SMKIT Ma'arif NU Karanglewas - Desain Grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin. Dalam desain grafis, tek

27/07/2020 07:30 WIB - SOLIHUDIN