• SMKIT MA'ARIF NU KARANGLEWAS
  • SEKOLAH UNGGUL DALAM PRESTASI, RELIGIUS DAN BERKARAKTER

Memahami Perangkat Lunak Bahasa Pemrograman

SMKIT Ma'arif NU Karanglewas- Memahami perangkat lunak bahasa pemrograman. Ini merupakan bagian lanjutan dari materi sebelumnya tentang ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN , bagaimana kita selanjutnya memahami perangkat lunak bahasa pemrograman. Perangkat Lunak Bahasa pemrograman adalah software bahasa komputer yang digunakan dengan cara merancang atau membuat program sesuai dengan struktur dan metode yang dimiliki oleh bahasa program itu sendiri. Komputer mengerjakan transformasi data berdasarkan kumpulan printah program yang telah dibuat oleh program. Kumpulan perintah ini harus dimengerti oleh komputer, berstruktur terntentu (syntax), dan bermakna.

Perangkat Lunak (software) merupakan suatu program yang dibuat oleh pembuat program untuk  menjalankan perangkat keras komputer. Perangkat Lunak adalah program yang berisi kumpulan instruksi untuk melakukan proses pengolahan data. Software sebagai penghubung antara manusia sebagai pengguna dengan perangkat keras komputer, berfungsi menerjemahkan bahasa manusia ke dalam bahasa mesin sehingga perangkat keras komputer memahami keinginan pengguna dan menjalankan instruksi yang diberikan dan selanjutnya memberikan hasil yang diinginkan oleh manusia tersebut.

Bahasa Pemrograman ini wajib dikuasai oleh seorang Programmer agar dapat membangun sebuah aplikasi atau Software dan untuk membuat aplikasi tertentu maka digunakan juga bahasa Pemrograman yang sesuai dengan kebutuhan.

Bahasa pemrograman merupakan notasi untuk memberikan secara tepat program komputer. Berbeda dengan bahasa, misalkan Bahasa Indonesia dan bahasa Inggris yang merupakan bahasa alamiah (natural language), sintaksis dan semantik bahasa pemrograman komputer ditentukan secara jelas dan terstruktur, sehingga bahasa pemrograman juga disebut sebagai bahasa formal (formal language). Jadi dengan kata lain seperti translator ke bahasa mesin.

Menurut dafininisi dari sumber wikipedia  Bahasa pemrograman, atau sering diistilahkan juga dengan bahasa komputer atau bahasa pemrograman komputer, adalah instruksi standar untuk memerintah komputer. Bahasa pemrograman ini merupakan suatu himpunan dari aturan sintaks dan semantik yang dipakai untuk mendefinisikan program komputer. Bahasa ini memungkinkan seorang programmer dapat menentukan secara persis data mana yang akan diolah oleh komputer, bagaimana data ini akan disimpan/diteruskan, dan jenis langkah apa yang akan diambil dalam berbagai situasi secara persis.

Penerjemah Bahasa Pemrograman dibedakan menjadi 3 (tiga) macam, yaitu Asembler, Kompiler dan Interpreter.

  1. Asembler adalah Program yang digunakan untuk menerjemahkan kode sumber dalam bahasa rakitan (assembly 0 kedalam bahasa mesin. bahasa ini berupa kode-kode yang terdiri dari sekumpulan angka yang ada dalam komputer yang biasanya diwakili oleh kode bilangan biner angka 1 (satu) dan angka 0 (nol)
  2. Kompiler adalah Program penerjemah yang mengonversi semua kode sumber selain dalam bahasa rakitan menjadi kode objek. Hasil berupa kode objek inilah yang dapat dijalankan oleh komputer, Proses untuk melakukan penerjemahan ini biasa disebut kompilasi.
  3. Interpreter adalah Program yang menerjemahkan satu per satu instruksi dalam kode sumber kemudian menjalankan instruksi yang telah diterjemahkan tersebut.

Menurut tingkatannya, bahasa pemrograman dibagi menjadi 3 tingkatan, yaitu:

1. Bahasa pemrograman tingkat rendah (low level language), merupakan bahasa pemrograman generasi pertama, bahasa pemrograman jenis ini sangat sulit dimengerti karena instruksinya menggunakan bahasa mesin. Biasanya yang mengerti hanyalah pembuatnya saja karena isinya programnya berupa kode-kode mesin.

Bahasa pemrogmramana apa saja yang masuk kedalam Bahasa pemrograman tingkat rendah??

a) Bahasa Mesin
Bahasa mesin termasuk kedalam bahasa tingkat rendah (Low level language) karena sifat dari bahasa mein lebih berorientasi pada mesin. Bahasa ini hanya akan dipahami oleh komputer itu sendiri. Bahasa ini berupa kode-kode yang terdiri dari sekumpulan angka yang ada didalam komputer yang biasanya diwakili oleh angka 1 (Satu) dan 0 (nol).


b) Bahasa Assembly
Bahasa Assembly adalah bahasa pemrograman yang menggunakan bahasa rakitan. Bahasa Assembly kebanyakan digunakan untuk pengendalian Hardware yang diwujudkan dalam kependekan kata-kata sebagai pengganti kode-kode biner, misalnya JNZ (Jump non zero) yang artinya lompatlah jika tidak sama dengan nol.

2. Bahasa pemrograman tingkat menengah (middle level language), merupakan bahasa pemrograman dimana pengguna instruksi sudah mendekati bahasa sehari-hari, walaupun begitu masih sulit untuk dimengerti karena banyak menggunakan singkatan-singkatan seperti “STO” artinya simpan (STORE) dan “MOV” artinya pindahkan (MOVE). Yang tergolong dalam bahasa ini adalah assembler.

3. Bahasa pemrograman tingkat tinggi (high level language) merupakan bahasa yang mempunyai ciri lebih terstruktur, mudah dimengerti karena menggunakan bahasa sehari-hari, contoh bahasa level ini adalah: Delphi, Pascal, ORACLE, MS-SQL, Perl, Phyton, Basic, Visual Studio (Visual Basic, Visual FoxPro), Informix, C, C++, ADA, Java, PHP, ASP, XML, dan lain-lain. Bahasa seperti Java, PHP, ASP, XML biasanya digunakan untuk pemrograman pada internet, dan masih banyak lagi yang terus berkembang yang saat ini biasanya dengan ekstensi .net (baca: dot net) seperti Visual Basic.NET dan Delphi.Net yang merupakan bahasa pemrograman yang dikembangkan pada aran berbasis internet.

Bahasa tingkat Tinggi memiliki arti bahwa bahasa ini lebih mudah dimengerti oleh banyak orang karena memang dirancang untuk orang yang awam. Bahasa pemrograman yang termasuk kedalam bahasa tingkat tinggi adalah sebagai berikut.

1) JAVA

Menurut definisi dari Sun, Java adalah nama untuk sekumpulan teknologi untuk membuat dan menjalankan perangkat lunak pada komputer standalone ataupun pada lingkungan jaringan. Lebih banyak programmer yang menyukai Java menyebutkan bahwa Java sebagai sebuah teknologi dibanding hanya sebuah bahasa pemrograman, karena Java lebih lengkap dibanding sebuah bahasa pemrograman konvensional. Teknologi Java memiliki tiga komponen penting, yaitu:

  • Programming-language specification
  • Application-programming interface
  • Virtual-machine specification

Bahasa Java dapat dikategorikan sebagai sebuah bahasa pemrograman berorientasi objek, pemrograman terdistribusi dan bahasa pemrograman multithreaded 

2) C

Akar dari bahasa C adalah bahasa BCPL yang dikembangkan oleh Martin Richard pada tahun 1967. Bahasa ini memberikan ide kepada Ken Thompson yang kemudian mengembangkan bahasa yang disebut dengan B pada tahun 1970. Perkembangan selanjutnya dari bahasa B adalah bahasa C oleh Dennis Ricthie sekitar tahun 1972-an di Bell Telephone Laboratories Inc.( sekarang adalah AT&T Bell Laboratories).

3) PHP

PHP (Hypertext Preprocessor) merupakan sebuah bahasa pemrograman yang paling banyak digunakan di Indonesia. selain karena gratis, PHP banyak digunakan karena bahasa pemrograman ini merupakan Server side scripting yang memang dirancang untuk membangun website dinamis. Selain itu, banyak website-website ternama seperti Facebook, Wordpress , ataupun Digg yang menggunakan PHP dalam pengembangannya. PHP pertama kali dikembangkan oleh Rasmus Ledrorf.

4) Python
Python adalah bahasa Pemrograman yang freeware (gratis/tidak berbayar) Tidak ada batasan dalam penyalinannya maupun mendistribusikannya lengkap dengan source code, debugger, profiler antarmuka yang terkandung di dalamnya untuk pelayanan antarmuka fungsi sistem GUI (antarmuka pengguna grafis), dan basis datanya.

***

 

 

Tulisan Lainnya
Ragam Aplikasi Komunikasi Data #1

SMK-IT Ma'arif NU Karanglewas- Teknologi Layanan Jaringan Capaian Pembelajaran Mata Kegiatan Memahami Teknologi Layanan Jaringan Sub Capaian Pembelajaran Mata Kegiatan1. Memahami Raga

15/08/2020 09:10 WIB - SOLIHUDIN
ELEMEN DESAIN GRAFIS

SMK IT Ma'arif NU Karanglewas - Pertemuan Kedua  Kompetensi Dasar : Pengetahuan : Mendiskusikan unsur-unsur tata letak berupa garis, ilustrasi, tipografi, warna,gelap-terang, tekst

03/08/2020 07:30 WIB - SOLIHUDIN
VoIP

SMK IT Ma'arif NU Karanglewas- Semangat pagi .. teman-teman SMK IT Ma'arif NU Karanglewas .. Berharap dipagi ini kita semua tetap diberi kesehatan dan kesemangatan dalam menunaikan tuga

27/07/2020 07:35 WIB - SOLIHUDIN
ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN

SMK IT Ma'arif NU Karanglewas - Bahasa pemrograman semakin banyak dipelajari oleh banyak orang. Hal ini terkait dengan kemajuan zaman yang menjadikan teknologi sebagai hal penting untuk

24/07/2020 07:30 WIB - SOLIHUDIN